4 Bank BUMN Kerjasama Dengan Telkom Bentuk NPG

607

Himpunan Bank-bank Milik Negara atau biasa disebut Himbara yang terdiri dari Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank BTN kini bersatu membentuk perusahaan prinsipal atau perusahaan kartu kredit dengan kesepakatan mewujudkan National Payment Gateway (NPG). Pembentukan perusahaan tersebut diwujudkan dalam MoU yang ditandatangi oleh 4 direktur utama bank-bank tersebut dihadapan Gubernur BI dan Menteri BUMN hari Jumat (9/9).

Perusahaan ini dibentuk untuk memfasilitasi proses switching transaksi di antara bank-bank Himbara. Pembentukan ekosistem  NPG ini merupakan salah satu inisiatif strategis yang menyokong visi pemerintah dimana meningkatkan efisiensi transaksi perbankan nasional.

Untuk menyediakan jaringan untuk switching ATMnya, Himbara bekerjasama  dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Dan sebagai langkah awal, perusahaan dibentuk dengan   penyertaan modal awal yang bersifat sementara hingga terbentuknya Holding BUMN Keuangan yang nantinya akan menjadi pemegang saham mayoritas.

Dengan ekosistem NPG ini nantinya semakin meningkatkan jumlah  transaksi kartu kredit di negeri ini, dari data BI transaksi kartui debit  naik 153 persen dari 138 juta transaksi di tahun 2011 menjadi 349 juta transaksi pada tahun 2015. Dan sebagai informasi, jumlah transaksi kartu kredit pada tahun 2015 sekitar 281 juta transaksi.

Pembentukan perusahaan kartu kredit ini juga akan memangkas biaya operasional masing-masing bank, dimana kerjasama ini akan menghemat biaya operasional ATM  sekitar Rp6,8 triliun.

Lens Hu/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here