Bank Indonesia Tak Tutup Kemungkinan Pelonggaran Moneter, Target PDB 2017, 5,1 Persen

483
Sumber: Bank Indonesia

Bank Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk mempertimbangkan perubahan pada kebijakan moneter lebih lanjut pada bulan September atau Oktober nanti, jika data ekonomi mendukung, demikian pernyataan Gubernur BI, Agus Martowardojo kepada wartawan di Jakarta hari Jumat ini.

Seperti diketahui Bank Indonesia, telah menetapkan tingkat suku bunga acuan tidak berubah pada 5,25 persen bulan lalu. Pada sepanjang tahun ini, BI telah menurunkan tingkat suku bunga sebanyak empat kali.

“Jika kemudian di jadwal rapat Gubernur pada bulan September atau Oktober ada data yang mendukung, kemungkinan kami akan mengambil posisi kebijakan moneter yang lebih longgar, tunduk ada data yang mendukung,” katanya.

Inflasi di ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini mencapai 2,79 persen untuk bulan Agustus dari target setahun sebesar 4%. Pada saat yang sama, pertumbuhan ekonomi sedang berada di bawah tekanan dan ditetapkan untuk menjadi lebih dekat dengan ujung bawah target 4,9 persen menjadi 5,3 persen menurut bank sentral tahun ini.

Pada hari Kamis kemarin Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah menyepakati asumsi pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,1%. Asumsi tersebut dianggap paling realistis, dan mampu membawa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 menjadi kredibel, seperti yang diharapkan.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here