BOK Pertahankan Suku Bunga Korea Selatan

303

Bank sentral Korea Selatan pada Jumat (09/09) mempertahankan kebijakan suku bunganya stabil untuk September, memperluas modus wait and see untuk tiga bulan langsung setelah mengirim suku bunga acuan ke rekor rendah untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi negara terbesar keempat di Asia ini.

Dalam sebuah langkah yang diperkirakan secara luas, dewan kebijakan moneter dari Bank of Korea menjaga suku bunga acuan pada 1,25 persen, sebagai pejabat bank sentral baru-baru ini mempertimbangkan kekhawatiran tentang bola salju utang rumah tangga dan kemungkinan kenaikan suku bunga di Amerika Serikat.

Pada bulan Juni, bank sentral membuat penurunan suku bunga kejutan, dengan alasan perlu untuk mendukung perekonomian.

Ekspor negara itu membukukan kenaikan pertama pada tahun dalam 20 bulan pada bulan Agustus di belakang permintaan cerah untuk chip dan layar datar. Pengiriman Outbound datang ke $ 40100000000 bulan lalu, naik 2,6 persen dari bulan yang sama tahun lalu, menurut data pemerintah.

Belanja konsumen, pilar utama pertumbuhan ekonomi Korea Selatan, tumbuh 3,3 persen pada periode April-Juni dari tahun sebelumnya.

Harga konsumen negara itu naik 0,4 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya, tinggal di bawah level 1 persen untuk empat bulan berturut-turut, menurut data pemerintah.

Dewan kebijakan moneter mencatat beberapa perbaikan dalam pasar domestik, meskipun memperingatkan ekonomi lokal bisa menghadapi ketidakpastian yang tinggi.

“Dewan memperkirakan bahwa ekonomi domestik akan mempertahankan tren pertumbuhannya moderat ke depan, terutama untuk kebijakan ekonomi makro ekspansif, tetapi dalam pandangan kondisi ekonomi dalam negeri dan luar negeri menyalahkan ketidakpastian seputar jalur pertumbuhan tinggi.”

Pada bulan Juli, BOK memangkas prospek pertumbuhan untuk tahun ini menjadi 2,7 persen dalam revisi terbaru kuartalan. Prospek menandai 0,1 persen dipotong dari 2,8 persen tiga bulan sebelumnya.

Keputusan Jumat oleh dewan BOK ini sejalan dengan jajak pendapat sebelumnya yang dilakukan oleh Yonhap Infomax, lengan berita keuangan dari Yonhap News Agency, di mana semua dari 13 ekonom yang disurvei memperkirakan bank sentral untuk membekukan suku bunga pada bulan September.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here