Bursa Hong Kong 9 September Berakhir Positif; Mingguan Cetak Tertinggi 2 Bulan

546
indeks hang seng

Pada penutupan perdagangan Jumat (09/09), indeks Hang Seng di Bursa Hong Kong ditutup naik 180,36 poin, atau 0,75 persen pada 24099.70. Penguatan indeks Hang Seng dengan terus masuknya arus modal dari Tiongkok untuk bursa Hong Kong.

Untuk minggu ini, indeks Hang Seng naik 3,6 persen, kenaikan mingguan terbesar sejak 11-15 Juli 2016.

Investor daratan Tiongkok telah meningkatkan pembelian saham Hong Kong selama dua minggu terakhir melalui skema Shanghai-Hong Kong Stock Connect, berusaha untuk selanjutnya menjalankan link investasi antara Shenzhen dan Hong Kong yang akan diluncurkan sesegera November.

Dengan penutupan Jumat, 6,1 miliar yuan ($ 913.200.000) atau hampir 58 persen dari kuota harian skema menuju selatan telah digunakan, tingkat tertinggi untuk satu hari sejak April 2015.

Arus masuk mingguan ke Hong Kong melalui skema sebesar hampir 24,9 miliar yuan, juga yang paling tinggi sejak April tahun lalu.

Pemasukan dana mendapat dorongan lain setelah regulator Tiongkok mengatakan pada Kamis bahwa asuransi negara sekarang dapat membeli saham Hong Kong melalui program Shanghai-Hong Kong Connect, memperluas saluran investasi mereka di luar negeri.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa indeks Hang Seng akan bergerak positif dengan masuknya arus modal dari Tiongkok dan meredanya harapan kenaikan suku bunga AS.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here