Rupiah Jumat Siang Semakin Lemah Meski Dollar Retreat

322

Hingga perdagangan pasar valas akhir sesi Asia (9/9), kurs rupiah masih bergerak lemah terhadap dollar AS meskipun kondisi dollar sedang melemah juga terhadap banyak rivalnya. Dari awal perdagangan hingga siang ini, pelemahan rupiah semakin bertambah hingga masuk kisaran 13100, dan disisi lain BI sedang memperkuat sedikit kurs referensinya.

Pergerakan  rupiah yang lemah hingga siang ini membuat investor asing semakin kuras modalnya oleh profit taking dari bursa saham hingga  mencetak net sell Rp408 miliar.  Aksi jual saham asing ini memberikan tekanan  kuat   bagi laju IHSG yang melemah   1,1%.

Lihat: IHSG 9 September Sesi 1 Tertekan Pelemahan Semua Sektor

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang  ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,31% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13103/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13088/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini   diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat   ke  13089  dari  posisi 13090 perdagangan hari Kamis (8/9),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13154  setelah perdagangan sebelumnya 13155.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  oleh momentum pelemahan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13110 dan  resistance di 13065.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here