Bursa Eropa Bergerak Lebih Tinggi Mencerna Pernyataan Dovish Pejabat Fed

391

Bursa Saham Eropa dibuka lebih tinggi pada perdagangan Selasa (13/09) karena investor mencerna komentar dari pejabat Federal Reserve AS dan data terbaru dari Tiongkok.

Indeks FTSE berada pada 6.694,68, turun -6,22 poin atau -0,09%

Indeks DAX berada pada 10.443,08, naik 11.31 poin atau 0,11%

Indeks CAC berada pada 4.441,17, naik 1,37 poin atau 0,03%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.868,60, naik 2.00 poin atau 0.02%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,34 persen.

Bursa Saham AS ditutup naik tajam pada Senin menyusul pidato dovish dari Gubernur Federal Reserve Lael Brainard yang mengatakan bahwa sementara kemajuan ekonomi terus akan bijaksana untuk Fed untuk menjaga kebijakan moneter yang longgar. Di tempat lain pada Senin, Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan kepada CNBC bahwa pembuat kebijakan harus mengambil waktu mereka untuk mencapai keputusan.

Lihat : Fed Brainard : Risiko Besar Menaikkan Suku Bunga Terlalu Cepat

Pedagang telah erat mengikuti komentar pejabat Fed untuk petunjuk pada waktu kenaikan suku bunga dengan komentar pejabat Fed AS telah terdengar lebih hawkish baru-baru ini, mendorong pasar turun tajam minggu lalu dan pada hari Senin.

Pasar sekarang melihat ke depan untuk data penjualan ritel pada hari Kamis yang akan menjadi data yang paling penting Federal Reserve akan melihat sebelum bertemu pada tanggal 20 September.

Goldman Sachs memangkas kemungkinan The Fed menaikkan suku bunga ketika mereka bertemu, mencatat tidak adanya indikasi yang jelas bahwa pejabat pengaturan bank sentral ditetapkan untuk mengetatkan kebijakan.

Di bursa Asia pada hari Selasa, pasar dicampur, menyerahkan keuntungan awal meskipun data Tiongkok sedikit lebih baik dari perkiraan, yang menunjukkan pertumbuhan investasi aset tetap pada bulan Agustus memegang stabil di 8,1 persen pada tahunan, produksi industri Agustus naik 6,3 persen pada tahunan dan penjualan ritel meningkat 10,6 persen pada tahunan.

Lihat : Produksi Industri dan Penjualan Ritel Tiongkok Agustus Naik Melebihi Perkiraan

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif dengan pudarnya harapan kenaikan suku bunga AS. Namun akan mencermati rilis data ekonomi Eropa dan pergerakan harga minyak mentah yang dapat memberikan pengaruh bursa.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here