Bursa Hong Kong 13 September Ditutup Turun Terkena Profit Taking

514

Pada penutupan perdagangan Selasa (13/09), indeks Hang Seng di Bursa Hong Kong ditutup turun -74,84 poin, atau -0,32 persen pada 23215.76. Pelemahan indeks Hang Seng dengan beberapa investor mengambil keuntungan dari rebound singkat karena ketidakpastian atas kebijakan moneter AS.

Lihat : Indeks Hang Seng 13 September Dibuka Naik Dengan Pudarnya Kenaikan Suku Bunga AS

Pasar saham Hong Kong merosot lebih dari 3 persen pada hari Senin, membukukan penurunan terbesar satu hari jatuh dalam tujuh bulan, di tengah kekhawatiran Federal Reserve AS akan menaikkan suku bunga secepat minggu depan.

Kekhawatiran agak mereda semalam setelah Dewan Gubernur Federal Reserve Lael Brainar mengatakan bahwa ia ingin melihat tren kuat dalam belanja konsumen AS dan bukti percepatan inflasi sebelum bank sentral menaikkan suku bunga.

Lihat : Fed Brainard : Risiko Besar Menaikkan Suku Bunga Terlalu Cepat

Tapi kepercayaan investor tetap rapuh. Menunjuk ke risiko koreksi lebih lanjut, strategist UBS Lu Wenjie menggambarkan rally kuat di saham Hong Kong dalam beberapa pekan terakhir – yang telah didorong oleh arus masuk dari investor di Cina daratan – sebagai “rapuh” dan “likuiditas-driven”.

“Untuk satu sampai dua kuartal berikutnya, kita berpikir risiko penurunan karena investor global dapat keluar dari perburuan yield / carry trade di pasar negara berkembang saat komentar pejabat Fed AS ternyata lebih hawkish,” tulis Lu dalam laporan strategi terbarunya.

Sebagian besar sektor di Hong Kong turun, dengan saham bahan baku memimpin penurunan.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -62,00 poin atau -0,27% pada  23,228.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 23,290.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa indeks Hang Seng akan bergerak positif dengan pudarnya harapan kenaikan suku bunga AS. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 22.768-22.241 dan kisaran Resistance 23.769-24.243.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center

Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here