Inflasi Jerman Agustus Tidak Berubah

349

Harga konsumen Jerman tidak berubah pada bulan Agustus, dengan tingkat inflasi tahunan pada 0,4%, yang juga tidak berubah dari perkiraan awal dan sejalan dengan ekspektasi pasar. Ada peningkatan tahunan kecil dari 0,2% yang tercatat pada bulan Agustus 2015, dengan potensi tekanan ke atas lebih terbatas pada imbal hasil obligasi.

Harga pangan turun 0,4% pada bulan tersebut dengan peningkatan tahunan sebesar 0,9% sementara harga energi rumah tangga turun 0,5% pada bulan Agustus untuk memberikan penurunan tahunan 4,2%.

germany-inflation-cpi (4)

Secara keseluruhan harga di sektor barang turun 0,1% pada bulan tersebut dengan penurunan tahunan 0,6%.

Keseluruhan peningkatan harga sektor jasa diadakan di 0,1% untuk bulan dengan peningkatan tahunan sebesar 1,3%. Ada, kantong signifikan dari kekuatan dalam data, dengan kenaikan tahunan 2,3% untuk pendidikan dan 2,0% untuk sektor restoran dan hotel sementara aneka jasa naik 2,1% sepanjang tahun. Telah ada tekanan ke atas lebih lanjut pada harga dari peningkatan sewa dan tekanan inflasi secara keseluruhan dalam layanan akan mendukung laju inflasi secara keseluruhan.

Tren harga lemah dalam beberapa bulan terakhir tahun 2015 dengan tidak ada kenaikan harga antara Agustus dan Desember. Ada kemungkinan menjadi tren sedikit lebih kencang tahun ini, yang akan cenderung untuk menaruh beberapa tekanan ke atas pada tingkat tahunan.

Sebuah peningkatan bertahap dalam inflasi akan memperkuat fakta bahwa suku bunga jangka pendek sebenarnya adalah negatif dan bertanggung jawab untuk bergerak lebih jauh ke wilayah negatif selama beberapa bulan ke depan. Suku bunga jangka panjang juga negatif secara riil dan tingkat inflasi meningkat akan cenderung menempatkan tekanan ke atas pada suku bunga jangka panjang.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here