Optimisme Bisnis Australia Agustus Meningkat

338

Kepercayaan bisnis Australia meningkat pada bulan Agustus, menandakan bahwa ekonomi negara tersebut bertahan meskipun di tengah berbagai ketidakpastian.

Indikator kepercayaan bisnis The National Australia Bank (NAB) naik ke 6 pada bulan Agustus, dibandingkan dengan pembacaan 4 pada bulan Juli, pada skala mana pembacaan di atas nol menunjukkan kondisi membaik. Kepercayaan Indeks telah di wilayah positif sejak Februari 2015.

australia-business-confidence (3)

Indikator kepercayaan bisnis NAB, yang memiliki jadwal rilis bulanan dan triwulanan, merupakan ukuran prospek pemilik usaha pada kondisi ekonomi saat ini dan aktivitas masa depan.

Sebelumnya pada musim panas NAB mengumumkan bahwa indikator kepercayaan bisnis kuartalan turun dua menjadi 2 pada April-Juni. Kuartal kedua dikaitkan dengan perlambatan luas dalam pertumbuhan ekonomi setelah awal yang cepat dari tahun ke tahun. Produk domestik bruto Australia (GDP) diperluas 0,5% pada kuartal kedua, ekonom pemerintah melaporkan pekan lalu dalam perkiraan awal.

Aussie telah mengejutkan dalam menghadapi dua pemotongan suku bunga oleh Reserve Bank of Australia (RBA). RBA mengurangi tingkat overnight sebesar 25 basis poin pada bulan Agustus dalam upaya untuk membendung deflasi.

Australia memiliki jadwal rilis aktif di kalender ekonomi minggu ini. Pada hari Rabu Westpac akan merilis survei kepercayaan konsumen bulanan untuk September.

Pada hari Kamis, Melbourne Institute akan merilis indeks bulanan dari ekspektasi inflasi konsumen, yang akan diikuti dengan angka kerja resmi untuk bulan Agustus. RBA juga akan merilis Bulletin terbaru dalam sesi padat pada hari Rabu.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here