Produsen Besar Jepang Optimis Akan Kondisi Bisnis Kuartal Ketiga

447

Produsen besar Jepang berbalik optimis tentang kondisi bisnis pada kuartal ketiga dan perusahaan merevisi rencana belanja modal mereka, sebuah survei pemerintah menunjukkan pada Selasa (13/09), dalam tanda ekonomi mendapatkan momentum.

Produsen besar mengatakan mereka memperkirakan sentimen untuk meningkat lebih lanjut pada bulan Oktober-Desember, dorongan untuk pembuat kebijakan ketika mereka mencoba untuk reenergize permintaan domestik dan menghindari kembali ke deflasi.

Hasil survei bisa menawarkan beberapa bantuan untuk Bank of Japan, yang mengadakan pertemuan kebijakan moneter minggu depan. Kenaikan dari rencana belanja modal juga menunjukkan bahwa upaya bank sentral untuk mempertahankan suku bunga rendah mulai memacu investasi perusahaan.

Survei oleh Departemen Keuangan dan Ekonomi dan Sosial Research Institute, sebuah lengan dari Kantor Kabinet, mencatatkan indeks survei bisnis (BSI) dari sentimen di antara produsen besar meningkat pada 2,9 pada bulan Juli-September, dibandingkan dengan minus 11,1 pada bulan April -Juni.

Produsen besar memperkirakan indeks sentimen mereka untuk meningkatkan ditambah 8,6 pada bulan Oktober-Desember, survei yang dirilis Selasa menunjukkan.

Perusahaan Jepang berencana untuk menaikkan belanja modal sebesar 4,9 persen pada tahun fiskal yang dimulai pada bulan April, naik dari proyeksi sebelumnya dari kenaikan 3,8 persen.

BSI mengukur persentase perusahaan yang mengharapkan lingkungan bisnis untuk meningkat dari kuartal sebelumnya minus persentase yang berharap memburuk.

Ekonomi Jepang tumbuh lebih cepat April-Juni dari yang diperkirakan, Kantor Kabinet mengatakan pada hari Kamis, dengan revisi ke atas untuk belanja modal dan persediaan mengurangi beberapa kekhawatiran tentang belanja konsumen yang lemah dan ekspor.

BOJ mengadakan pertemuan berikutnya pada 20-21 September, di mana akan meninjau apakah perlu untuk mengubah program quantitative easing yang berani setelah berulang kali menunda waktu memenuhi target inflasi 2 persen.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here