Anjloknya Pasar Saham Habiskan $ 93 Miliar Kekayaan 400 Milyarder, Buffet Rugi Besar

952

Anjloknya pasar saham global telah menyapu bersih $ 93 miliar dari 400 orang yang memiliki kekayaan terbesar dunia sejak Jumat. Sementara itu para Milyarder menumpahkan $ 37,3 miliar pada Selasa karena saham dan obligasi merosot, dan minyak tenggelam setelah prediksi Badan Energi Internasional dengan kekenyangan pasokan akan berlanjut hingga tahun depan.

Orang kedua terkaya di dunia, pendiri Inditex SA Amancio Ortega, memimpin 400 orang terkaya dengan penurunan sebesar $ 3,3 miliar sejak penurunan dimulai, menurut indeks. Microsoft Corp co-founder Bill Gates, orang terkaya di dunia dengan kekayaan $ 87,3 miliar, telah kehilangan $ 2,4 miliar. Pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos, orang terkaya ketiga dunia dengan kekayaan $ 66,2 miliar, telah menumpahkan $ 1,9 miliar. Warren Buffett, yang kekayaannya sebagian besar dari saham Berkshire, telah kehilangan $ 1,6 miliar.

Sementara itu, Warren Buffett kehilangan $ 1,4 miliar dari kekayaannya Selasa setelah Wells Fargo & Co turun 3,3 persen sebagai dampak lanjutan dari pengungkapan bahwa karyawan bank telah membuka lebih dari 2 juta rekening tanpa persetujuan klien.

Berkshire Hathaway Inc, pemegang saham terbesar pemberi pinjaman, turun 2 persen, menyebabkan keberuntungan orang terkaya berusia 86 tahun itu untuk jatuh lebih dari orang lain yang ada di Indeks Bloomberg Billionaires. Investor AS ini adalah orang keempat terkaya di dunia dengan kekayaan bersih $ 65,8 miliar.

Wells Fargo dikalahkan oleh JPMorgan Chase & Co sebagai bank yang paling berharga di dunia pada hari Selasa. Telah jatuh 5,9 persen sejak Kamis, ketika Biro Perlindungan Konsumen Keuangan mengumumkan denda yang berasal dari akun palsu. Penurunan sejak Kamis dibandingkan dengan 2,5 persen jatuh untuk Indeks Standard & Poor 500.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here