Awal Indeks Shanghai 14 September Lemah Terpicu Pudarnya Harapan Stimulus

512
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (14/09), Indeks Shanghai bergerak lemah, saat ini terpantau turun -16,66 poin atau -0,55 persen pada 3006.85. Pergerakan datar Indeks Shanghai terpicu kekuatiran pemerintah Beijing tidak akan memberikan stimulus lanjutan bagi ekonomi Tiongkok setelah positifnya data ekonomi.

Lihat :  Bursa Shanghai 7 September Berakhir Naik Tipis Didukung Sektor Infrastruktur

Kemarin telah dirilis data ekonomi Tiongkok yaitu Retail Sales YoY Agustus yang membukukan hasil 10.6 persen, di atas konsensus 10,3 persen, juga di atas hasil bulan sebelumnya 10,2 persen.

Fixed Asset Investment YoY Agustus membukukan hasil 8,1 persen, di atas konsensus 8,0 persen, dan sama dengan hasil bulan sebelumnya 8,1 persen.

Produksi Industri YoY Agustus membukukan hasil 6,3 persen, naik dari konsensus 6,1 persen, juga di atas bulan sebelumnya 6,0 persen

Hasil positif ini memicu kekuatiran pemerintah Beijing tidak akan memberikan stimulus lanjutan untuk kebijakan moneter ekonomi Tiongkok.

Investor juga memandang data ekonomi berikutnya yang akan dirilis seperti China Yuan Loans Agustus yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak sideways mencermati perkembangan ekonomi domestik dan penantian stimulus ekonomi. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2906-2804 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3109-3205.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here