Kondisi Ekonomi Jepang Hambat Laju Yen Disaat Perdagangan Safe Haven

453
Japan Debt Crisis

Ternyata kekuatan ekonomi Jepang yang lemah lebih dominan memberikan tekanan bagi laju yen pekan ini. Di awal pekan yen sempat rebound kuat oleh pudarnya harapan kenaikan Fed rate merespon pernyataan dovish Lael Brainard, namun keesokan harinya alami profit taking diakhir perdagangan oleh suramnya fundamental yen.

Untuk menyelematkan ekonomi Jepang, baik pemerintah dan bank sentral tidak memiliki amunisi kuat lagi selain suku bunga yang rendah sehingga perdagangan safe haven sekalipun tidak bisa mengangkat yen.

Pergerakan kurs yen   sesi Asia (01:45:35 GMT) melemah  terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah   pada 102.57 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) naik  51 pips  dan nilai pair bergulir  pada 103,07.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   berpotensi kuat kembali, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat naik ke kisaran  103,44-104,32. Namun jika pair sampai kisaran tersebut ataupun tidak dan terjadi koreksi, maka pair dapat turun ke kisaran 101,92.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here