Rupiah Rabu Pagi Jatuh Cukup Dalam, Picu Aksi Jual Asing

436

Kekuatan dollar di pasar valas global masih sangat kuat kuasai kurs yang menjadi rivalnya, demikian juga dengan valas kawasan Asia. Kondisi tersebut memberikan sentimen negatif bagi rupiah yang dibuka melemah di awal perdagangan pasar spot Rabu (14/9). Demikian juga yang terjadi pada transaksi perdagangan antar bank, kondisi rupiah dilemahkan BI sangat signifikan.

Pelemahan  rupiah pagi ini  memberi alasan kuat bagi  investor asing  untuk kembali tarik modalnya cukup besar dari bursa Indonesia hingga mencetak   net sell asing  Rp344 miliar lebih.  Aksi jual saham asing ini  menjadi tekanan utama bagi  IHSG yang kini sedang bergerak retreat 1,4%.

Lihat: IHSG 14 September Dibuka Negatif Tertekan Pelemahan Rupiah dan Wall Street

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,48% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13231/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13170/US$. Demikian juga kurs Jisdor  diperlemah  ke  13228  dari  posisi 13151 perdagangan hari Selasa (13/9).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi lemah pada akhir perdagangan  oleh prospek dollar AS yang menguat, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13243 dan  resistance di 131730.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here