Induk Usaha Kurangi 1 Miliar Sahamnya, EXCL Berhasil Kuat Kembali

305

Jelang akhir perdagangan bursa sesi kedua hari Kamis (15/9)  pergerakan saham  PT XL Axiata Tbk. (EXCL) masih menunjukkan kondisi yang rebound setelah dibuka flat pada awal perdagangan. Secara teknikal masih ada potensi penguatan bagi perdagangan saham EXCL yang juga didukung oleh kinerja keuangan perseroan.

EXCL yang merupakan anak usaha dari salah satu perusahaan telekomunikasi besar di Asia yaitu Axiata Group, akan dijual sahamnya untuk kepentingan dari induk usaha perseroan. Axiata yang menguasai 66% saham EXCL atau 10,6 miliar saham akan menjual sekitar 11% atau 1,1 miliar saham.

Melihat kinerja keuangan pada semester I 2016, EXCL dapatkan  laba bersih  Rp224,7 miliar  sedangkan semester I 2015 justru merugi Rp850,8 miliar. EXCL bisa untung dikarenakan pada periode tersebut mendapatkan keuntungan selisih kurs Rp61,69 miliar sedangkan semester I tahun lalu  merugi Rp115,94 miliar.

Untuk pergerakan sahamnya pada  perdagangan bursa saham  hari Kamis (15/9) saham EXCL dibuka  flat pada  posisi  2560  bergerak kuat   hingga capai 2660 dengan volume perdagangan saham sudah  mencapai 179 ribu  lot saham. Saham bangkit dari  posisi terendah dalam 11 bulan.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham EXCL  bergerak bullish dengan  indikator MA  bergerak turun  dan indikator Stochastic bergerak naik  ke  area tengah dari area jenuh jual.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik dan +DI  bergerak datar menunjukan pergerakan  EXCL menguat terbatas. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading esok hari  pada kisaran 2701-2540.

Lens Hu/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here