Inflasi Zona Eropa Agustus Meningkat, Secara Tahunan Stabil

635

Berdasarkan rilis Eurostat, Kamis (15/09), Indeks Harga Konsumen untuk bulan Agustus meningkat 0,1%, naik dari negatif 0,6% pada bulan Juli. Hal ini sejalan dengan ekspektasi analis, menurut survei Thomson Reuters.

euro-area-inflation-rate-mom (1)

Pada basis CPI tahunan adalah 0,2%, tidak berubah dari bulan Juli. Sebanyak 12 anggota dari Uni Eropa menunjukkan tingkat pertumbuhan inflasi tahunan negatif, dengan Kroasia memimpin yang paling rendah. Belgia mengalami tingkat tertinggi inflasi tahun ke tahun sebesar 2%.

euro-area-inflation-cpi (7)

Pengupasan keluar harga pangan dan energi yang volatil, CPI inti tumbuh 0,3%; pada bulan Juli pembacaan adalah -0,7%. Pada inflasi inti secara tahunan melalui CPI tumbuh 0,8%, sejalan dengan perkiraan dan bulan sebelumnya.

Eurostat mengatakan penyumbang terbesar untuk tekanan ke atas berasal dari restoran dan kafe dan buah-buahan dan sayuran, sementara sektor energi memiliki dampak negatif yang kuat.

Inflasi rendah negatif terus menjadi perjuangan yang berat untuk Bank Sentral Eropa. Sejauh ini, langkah-langkah kebijakan moneter yang sangat longgar memiliki dampak yang sangat terbatas pada inflasi dan meningkatkan perekonomian Uni Eropa.

Bank sentral saat ini mengadopsi tarif negatif dan pelonggaran kuantitatif; dengan harapan mereka akan terus melakukannya sampai hasil yang diinginkan terlihat. Banyak yang kehilangan kepercayaan ECB akan dapat mencapai tujuannya.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here