Penjualan Ritel Inggris Raya Agustus Merosot

346

Penjualan ritel Inggris Raya turun 0,2% untuk Agustus dibandingkan kenaikan 1,9% yang direvisi bulan sebelumnya, namun lebih baik dari ekpektasi analis untuk penurunan 0,4%, demikian rilis dari  Office for National Statistics (ONS) Inggris, Kamis (15/09).

Peningkatan tahunan sebesar 6,2% sedikit berubah dari-revisi naik 6,3% untuk bulan Juli dan kenaikan 40 kali berturut-turut secara tahunan.

united-kingdom-retail-sales (5)

Tidak termasuk penjualan bahan bakar, ada penurunan bulanan 0,3% dari 1,5% sebelumnya dengan kenaikan tahunan 5,9% dari 5,4% sebelumnya. Semua angka tersebut lebih kuat dari yang diperkirakan dengan estimasi konsensus untuk penurunan bulanan 0,4% dan data akan mendukung bukti bahwa belanja ritel telah kuat sejak referendum Uni Eropa.

Penjualan makanan tetap kuat selama satu bulan, sementara ada penurunan penjualan pakaian dan peralatan rumah tangga dengan barang-barang rumah tangga mencatat penurunan tahunan pertama sejak Mei 2014.

Ada penurunan harga dari 1,9% secara tahunan hingga Agustus dari penurunan 2,0% bulan sebelumnya. Ini adalah penurunan 26 berturut-turut di harga, dengan peningkatan tahunan nilai penjualan ritel sebesar 4,1% meskipun harga tidak naik 0,2% pada bulan tersebut.

Secara keseluruhan kepercayaan di sektor ritel akan tetap teguh mengikuti data. Penurunan penjualan barang rumah tangga, akan menyebabkan beberapa spekulasi bahwa konsumen akan lebih berhati-hati dalam pembelian.

Penurunan harga tahunan akan mempertahankan potensi untuk Bank of England menjalankan kebijakan moneter yang sangat agresif dalam jangka pendek, meskipun perubahan harga bulanan akan perlu dipantau mencermati ketat kelambanan dalam tekanan harga.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here