Penjualan Ritel Singapura Juli Rebound Terdorong Penjualan Kendaraan Bermotor

310

Penjualan ritel di Singapura naik 2,8 persen pada Juli dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terutama karena penjualan yang lebih tinggi dari kendaraan bermotor, demikian rilis dari Departemen Statistik (SingStat) Singapura, Kamis (15/09).

Namun, tidak termasuk kendaraan bermotor, penjualan ritel merosot 3,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

singapore-retail-sales-annual (1)

Pada basis bulan ke bulan, penjualan ritel naik 1,4 persen pada bulan Juli. Tidak termasuk kendaraan bermotor, penjualan ritel naik 3 persen.

singapore-retail-sales

Total nilai penjualan ritel pada bulan Juli diperkirakan S $ 3,7 milyar lebih tinggi dari perkiraan S $ 3,6 milyar tahun lalu.

Pengecer kendaraan bermotor mencatat kenaikan penjualan sebesar 36,5 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kenaikan tertinggi dari semua sektor. Sektor berkinerja terbaik berikutnya adalah sektor barang dan perlengkapan medis, yang melihat peningkatan 4,5 persen. Sektor mini-mart dan toko-toko juga mencatat kenaikan 1,2 persen, sementara sektor supermarket melihat peningkatan 0,3 persen.

Menurut SingStat, sektor telekomunikasi dan komputer jatuh paling tinggi di 18,8 persen, dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini diikuti oleh layanan pompa bensin, yang jatuh 13,6 persen, dan jam tangan dan perhiasan, yang melihat penurunan 9,6 persen.

Penjualan jasa makanan dan minuman naik 3,5 persen dari tahun sebelumnya. Nilai total penjualan jasa makanan dan minuman pada bulan Juli diperkirakan S $ 698 juta, lebih tinggi dari S $ 675 juta pada Juli 2015.

Pada basis bulan ke bulan, penjualan jasa makanan dan minuman meningkat 3,6 persen.

Doni/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here