Rupiah Kamis Berhasil Rebound Meski Dollar Sedang Kuat

300

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (15/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air hari ini, rupiah menguat kembali  terhadap dollar AS setelah siang hari sempat bergerak negatif. Rupiah berhasil bangkit di tengah penguatan dollar AS oleh bangkitnya kembali optimisme pasar meskipun data ekspor terakhir menurun.

Kekuatan rupiah hari ini kalah kuat dengan sentimen buruknya data neraca perdagangan luar negeri bulan Agustus yang membuat   investor asing  menambah tarikan modalnya dari   bursa saham hingga  mencetak net sell Rp527 miliar.   Aksi jual saham asing ini tidak menjadi hambatan bagi  IHSG yang ditutup  kuat 2,3%.

Lihat: 34 Saham Unggulan Yang Bangkit Dari Tekanan Investor Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,23% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13175/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13193/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini   diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat   ke  13190  dari  posisi 13228 perdagangan hari Rabu (14/9),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13256  setelah perdagangan sebelumnya 13294.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka positif  jika kekuatan dollar AS terkoreksi pada sesi malam oleh minimnya penggerak kuat pada sesi Amerika.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here