Tingkat Pengangguran Australia Agustus Turun Terendah 3 Tahun

406

Tingkat pengangguran Australia bulan Agustus jatuh ke 5,6 persen, meskipun  diperkirakan hilangnya 3.900 pekerjaan bulan lalu, demikian rilis Biro Statistik Australia, Kamis (15/09)

Tingkat pengangguran saat ini berada di tingkat terendah sejak Koalisi pemerintah dibentuk di bawah kepemimpinan Tony Abbott pada September 2013.

australia-unemployment-rate (7)

Hasil yang tampaknya bertentangan berasal dari penurunan tajam dalam proporsi dari populasi orang dewasa dalam pekerjaan atau mencari pekerjaan – dengan tingkat partisipasi – 64,9-64,7 persen pada Agustus.

Penurunan jumlah orang yang bekerja juga melihat penurunan jam bulanan bekerja, yang berkurang 3,9 juta untuk 1.656 juta jam.

Itu terlepas dari Biro Statistik yang mengatakan bahwa pengumpulan data sensus akan ditambahkan ke jam kerja bulan lalu.

“Dari sebagian besar orang-orang yang dipekerjakan untuk sensus, sudah memiliki pekerjaan lain, tetapi bekerja dalam jam yang lebih selama sebulan,” jelas program manajer Tenaga Kerja dan Pendapatan Cabang ABS, Jacqui Jones.

Ada beberapa kabar baik di data detail yang disesuaikan secara musiman, dengan perkiraan 11.500 posisi penuh waktu bertambah, sementara itu 15.400 pekerjaan paruh waktu yang hilang.

Namun, angka tren kurang stabil, yang lebih disukai oleh ABS dan sebagian besar ekonom, menunjukkan pergeseran ke arah kerja paruh waktu.

“Rilis angkatan kerja terbaru menunjukkan terus kekuatan dalam pertumbuhan lapangan kerja paruh waktu, dengan mayoritas berasal dari peningkatan pekerja paruh waktu pria,” kata Ms Jones.

“Sejak Desember 2015, sekarang ada sekitar 105.300 orang lebih yang bekerja paruh waktu, dibandingkan dengan 21.500 penurunan mereka yang bekerja penuh waktu.”
Kenaikan kerja paruh waktu ini juga menunjukkan melalui tingkat setengah pengangguran, dengan kenaikan 0,3 persentase poin menjadi 8,7 persen dari angkatan kerja yang ingin lebih jam kerja daripada mereka sedang melakukan.

Yang telah menempatkan kuartalan angkatan kerja tingkat underutilisation – yang menggabungkan mereka menganggur dengan mereka yang tidak mendapatkan pekerjaan sebanyak yang mereka inginkan – pada 14,3 persen, naik 0,1 poin persentase.

Sosok tren pengangguran menunjukkan pasar tenaga kerja yang stabil, dengan tingkat pengangguran berada di 5,7 persen.

Ekonom yang disurvei oleh Bloomberg memperkirakan pengangguran tetap stabil di 5,7 persen, dengan sekitar 15.000 pekerjaan ditambahkan.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here