Volatilitas Emas Meningkat Menjelang Pengumuman the Fed Minggu Depan

519

Emas terus mengalami ketidak pastian dengan para trader tetap enggan untuk masuk ke posisi baru sampai pertemuan the Fed minggu depan. Keyakinan para trader sekarang telah berpindah biasnya cenderung ke arah the Fed tetap tidak melakukan apa-apa dan kemungkinan akan terbukti benar.

Hal ini mungkin saja benar pada hari Rabu minggu depan, tetapi antara sekarang sampai minggu depan siap-siap mengalami kerugian pada saat mengadakan mark to market basis. Lebih mudah memegang posisi datar menjelang pengumuman dari the Fed dan pasar akan tetap miring ke sisi “long” atau “beli” tetapi gambaran makro tetap sangat “bullish”.

Pada malam kemarin pada saat jam perdagangan Asia dibuka seseorang menjual satu metrik ton emas. Pergerakannya begitu cepat sehingga hampir tidak tercatat di “screen trader”. Emas bulan Desember turun dari $1,322 menjadi $1,316 dalam sekejab dan sedetik kemudian kembali lagi ke $1,322. Kemungkinan ini adalah testing dari seorang pemain akan keyakinannya terhadap posisi beli (long), dengan mencoba mendorong pasar lebih rendah dengan melakukan perdagangan dalam jumlah besar tapi dengan volume yang tipis sebagaimana yang sering terjadi.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here