Awal Bursa Eropa 16 September Tertekan Anjloknya Saham Perbankan

471

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada awal perdagangan akhir pekan hari Jumat (16/09) tertekan pelemahan saham perbankan setelah berita denda besar untuk Deutsche Bank dan sebagai pasar global mencermati pertemuan pekan depan komite kebijakan Federal Reserve AS.

Indeks Stoxx 600 Pan Eropa dibuka 0,1 persen lebih rendah pada Jumat dengan mayoritas sektor di wilayah negatif.

Indeks FTSE berada pada 6.713,79, turun -16,51 poin atau -0,25%

Indeks DAX berada pada 10.383,14, turun -48,06 poin atau -0,46%

Indeks CAC berada pada 4.358,30, turun -14,92 poin atau -0,34%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.675,80, turun -44,70 poin atau -0,51%

Saham Deutsche Bank diperdagangkan anjlok 7,7 persen, menjadikannya pemain terburuk pada indeks Stoxx 600, setelah Departemen Kehakiman AS meminta pemberi pinjaman Jerman tersebut untuk membayar $ 14 miliar untuk menyelesaikan tuduhan kesalahan menjual sekuritas hipotek.

Berita tersebut memukul saham perbankan lainnya yang analis mengatakan bisa menghadapi tuntutan serupa dari luar AS .; RBS diperdagangkan 4,3 persen lebih rendah, Commerzbank turun 1,75 persen, Barclays turun 2,1 persen dan UBS turun 2,3 persen.

Produsen mobil Fiat Chrysler diperdagangkan 2,2 persen lebih rendah mengingat 1,9 juta mobil di seluruh dunia mengalami cacat kantong udara, Reuters melaporkan.

Saham Apple melihat apa yang bisa menjadi minggu terbaik mereka dalam lima tahun berkat permintaan yang kuat di seluruh dunia untuk model terbaru. Saham pembuat iPhone ini melonjak 12 persen selama seminggu dan itu membukukan kemenangan empat hari beruntun pertama dengan keuntungan berturut-turut lebih dari 2 persen sejak April 2009.

Sementara itu, Federal Reserve AS terus mendominasi sentimen pasar. Pembuat kebijakan bank sentral akan bertemu pada 20 September, meskipun kemungkinan kenaikan suku bunga sangat tipis menyusul banjir data AS yang mengecewakan pada hari Kamis.

Klaim pengangguran awal datang di 260.000, sedikit di bawah ekspektasi, sementara PPI Agustus datang tidak berubah, juga dibawah perkiraan. Penjualan ritel untuk bulan Agustus di bawah perkiraan, jatuh lebih dari yang diharapkan. Sementara itu, produksi industri turun 0,4 persen pada Agustus, lebih dari yang diperkirakan penurunan 0,3 persen.

Ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga oleh The Fed pekan depan hanya 12 persen setelah rilis data yang Kamis, menurut alat FedWatch CME Group. Saham AS ditutup naik tajam pada Kamis sebagai prospek kenaikan suku bunga berkurang.

Pasar akan tetap mencermati data Indeks Harga Konsumen (IHK) AS untuk Agustus pada hari Jumat.

Di tempat lain, 27 pemimpin anggota Uni Eropa (UE) bertemu di Bratislava untuk membahas isu-isu yang mempengaruhi wilayah termasuk keputusan U.K. untuk meninggalkan zona Eropa, keamanan dan pertumbuhan.

Di depan data, Rusia menerbitkan keputusan suku bunga terbaru.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan Wall Street dan harga minyak mentah, serta perkembangan sekitar suku bunga AS.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here