Bursa Australia 16 September Berakhir Melonjak 1 Persen, Mingguan Masih Negatif

391

Pada akhir perdagangan Bursa Australia akhir pekan, Jumat (16/09), indeks ASX 200 melonjak 56,8 poin, atau 1,08 persen, ke 5,296.7. Kenaikan bursa Australia terdorong pudarnya harapan kenaikan suku bunga AS bulan ini.

Data ekonomi yang lembut di Amerika Serikat terjadi dengan klaim pengangguran awal datang di 260.000 untuk pekan yang berakhir 10 September yang di bawah ekspektasi. Indeks harga produsen untuk Agustus tidak berubah dan penjualan ritel turun lebih dari yang diharapkan.

Rilis data AS yang mengecewakan dapat membuat kesempatan untuk Federal Reserve untuk menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakan di bulan September jauh lebih sulit. Pejabat Fed sebelumnya telah mengatakan keputusan mereka adalah data-dependent.

Namun meskipun rally kuat dalam perdagangan Jumat, pasar saham Australia secara mingguan menurun, membukukan pelemahan seminggu kelima berturut-turut. Anjloknya 2,2 persen pada Senin mencegah pasar dari seminggu yang positif. Hasil akhir mingguan adalah negatif -1,08 persen.

Sebuah menjalankan tiga keuntungan langsung ke putaran dalam seminggu, bagaimanapun, menenangkan saraf menuju ke pembaruan kebijakan Federal Reserve AS krusial Kamis.

Kenaikan harga minyak mentah semalam masih memberikan dukungan bagi saham energi.

Saham Santos melambung 2,1 persen terlepas dari lima bulan rendah ke $ 3,48, saham Origin pulih 0,6 persen menjadi $ 4,93 dan saham Woodside mengangkat 1,3 persen menjadi $ 27,43.

Para penambang besar juga didukung meskipun menunjukkan campuran dari logam dasar, dengan saham BHP Billiton beringsut naik 0,1 persen menjadi $ 20,09 dan saham Fortescue memajukan 1,3 persen menjadi $ 4,76. Saham Rio Tinto melawan tren tergelincir 1 persen menjadi $ 46,60.

Sektor Keuangan yang penting untuk pasar berakhir dekat tertinggi sesi setelah awalnya loyo berubah menjadi naik mantap 1 persen untuk empat besar.

Saham ANZ memimpin jalan dengan lompatan 1,1 persen, sedangkan tiga raksasa perbankan lainnya Westpac, NAB dan CBA semua naik sekitar 1 persen.

Dalam ritel, pemilik Coles Wesfarmers naik 0,5 persen, Woolworths ditempelkan pada 0,1 persen dan Myer rally 2,4 persen sebagai analis sebagian besar menyambut positif hasil keuntungan kemarin.

JB Hi-Fi melompat 5,3 persen karena investor merespon pembelian $ 870.000.000 dari The Good Guys dan konsekuen diterima dengan baik pagi penggalangan institusional.

Di antara saham blue chip lainnya, Telstra naik 1,6 persen menjadi $ 5,10, sementara Qantas dicelupkan 1,2 persen menjadi $ 3.21.

Di tempat lain, Estia Health melonjak 3,6 persen sebagai pemegang saham menyambut baik berita bermasalah kepala eksekutif kelompok perawatan Paul Gregersen yang telah mengundurkan diri, sementara pembuat kapal Austal turun 1,9 persen meskipun merinci baru $ 434m kontrak dengan Angkatan Laut Amerika Serikat.

Senin mendatang akan dirilis data Current Account Australia Juli yang diperkirakan meningkat.

Analyst Vibiz Research Center pada perdagangan berikutnya memperkirakan bursa Australia akan bergerak naik dengan data ekonomi positif dan pudarnya harapan kenaikan suku bunga AS. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here