Penjualan Ritel AS Agustus Turun Terendah 5 Bulan

354

Penjualan ritel AS sedikit lebih lemah dari yang diharapkan dengan penurunan bulanan 0,3% untuk Agustus, sedangkan data yang mendasari mencatat penurunan 0,1%. Konsensus memperkirakan untuk penurunan bulanan 0,1% dengan kenaikan 0,2% untuk penjualan yang mendasari.

Diperkirakan momentum belanja konsumen melambat dengan kenaikan bersih tingkat tabungan.

united-states-retail-sales (3)

Ada sedikit revisi naik untuk data Juli dan keseluruhan penjualan meningkat 1,9% dari Agustus 2015 dengan kenaikan 3 bulan tahunan sebesar 2,4%. Data inti Juli direvisi sedikit lebih rendah menjadi 0,4% dari -0.3%.

Kelompok kontrol mencatat penurunan 0,1% pada bulan tersebut dibandingkan dengan pembacaan diperkirakan dari 0,3% dan ada revisi turun -0.1% dari tidak berubah sebelumnya.

Ada penurunan bulanan dalam penjualan mobil sebesar 0,9% dengan peningkatan tahunan melambat ke 1,4% dari 3,3% sebelumnya. Ada juga penurunan bulanan penjualan furniture dan bahan bangunan, sementara penjualan di toko-toko aneka turun 2,4% memberikan penurunan kecil tahunan.

Penjualan bensin turun 0,8% pada bulanan dan 9,5% sepanjang tahun karena dampak dari harga yang lebih rendah. Penjualan kesehatan turun 0,1% pada bulan ini, tapi masih mencatat kenaikan tahunan 7,8%.

Penjualan lebih rendah diperkirakan di semua tiga metrik kunci untuk bulan akan memicu keraguan baru seputar prospek belanja konsumen, terutama karena data Juli juga mengecewakan, meskipun masih ada elemen penting dari koreksi setelah penjualan yang kuat selama kuartal kedua.

Pasar akan menganggap bahwa data lemah membuat pengetatan jangka pendek Federal Reserve cenderung lemah, meskipun pasar tenaga kerja tetap kuat, yang juga akan menjadi faktor penting dalam pembahasan Fed.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here