Rupiah Akhir Pekan Masih Mampu Kuat Lawan Dollar

612

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (16/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air pekan ini, rupiah masih mampu menguat terhadap dollar AS setelah siang hari dollar bertambah kuat lawan rivalnya. Namun secara mingguan rupiah alami pelemahan pada pekan ini yang mengkoreksi penguatan mingguan pekan sebelumnya.

Berkurangnya kekuatan rupiah  membuat investor asing menambah jumlah tarikan modalnya kembali dari bursa saham  hingga  mencetak net sell Rp140 miliar. Aksi jual asing  ini nyaris membuat penutupan  IHSG  yang  menguat tipis 0,04% terkoreksi.

Lihat: 12 Saham Unggulan Dari 5 Sektor Yang Menekan IHSG 16 September

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,15% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13155/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13145/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat   ke  13131  dari  posisi 13190 perdagangan hari Kamis (15/9),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13197  setelah perdagangan sebelumnya 13256.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan depan diperkirakan  dibuka positif  jika kekuatan dollar AS terkoreksi pada sesi malam oleh rilis data ekonomi malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here