Yen Sesi Asia 16 September Masih Tetap Tangguh Lawan Rivalnya

335

Pergerakan kurs yen Jepang awali perdagangan forex sesi Asia akhir pekan bergerak kuat, namun minimnya penggerak fundamental kuat hari Jumat (16/9) membuat yen alami pelemahan terhadap dollar AS. Terpantau yen sedang bergerak lemah hanya terhadap dollar, terhadap rival lainnya seperti euro dan poundsterling masih tunjukkan kekuatan.

Pelemahan yen terhadap dollar dikarenakan penggerak fundamental harian dollar menunjukkan sinyal kuat mengangkat harapan kenaikan Fed rate dalam waktu dekat kembali. Perdagangan sebelumnya harapan ini terkuras oleh beberapa data ekonomi yang kurang menggembirakan.

Lihat: Dollar AS Sesi Asia Bersiap Pangkas Kekalahan 2 Hari Berturut

Tenaga kekuatan yen selama 2 hari berturut berhasil rally didapat dari sinyal yang diberikan BOJ untuk kebijakan moneter yang mereka akan putuskan pekan depan. Dimana awal pekan BOJ sampaikan tidak akan meneruskan suku bunga yang negatif.

Pergerakan kurs yen   sesi Asia (02:45:35 GMT) menguat tipis  terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah   pada 102.10 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 4 pips  dan nilai pair bergulir  pada 102,06.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   berpotensi kuat kembali, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun ke kisaran  101,67-101,36 jika pair tidak berhasil naik ke kisaran 102,60.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here