Awal Bursa Eropa Bergerak Naik Terdukung Rally Minyak Mentah

379

Bursa Saham Eropa bergerak lebih tinggi di awal perdagangan Senin (19/09) terdukung rally di pasar minyak dan menantikan pertemuan kebijakan Federal Reserve minggu ini.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.793,03, naik 82,75 poin atau 1,23%

Indeks DAX berada pada posisi 10.365,01, naik 88,84 poin atau 0,86%

Indeks CAC berada pada posisi 4.389,91, naik 57,46 poin atau 1,33%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.725,10, naik 91,70 poin atau 1,06%

Pan-Eropa Euro Stoxx 600 Index lebih tinggi pada hari Senin dengan semua sektor dan bursa-bursa di wilayah positif.

Pasar minyak berada dalam fokus dengan harga naik setelah Venezuela mengatakan bahwa negara OPEC dan non-OPEC hampir mencapai kesepakatan menstabilkan produksi, Reuters melaporkan.

Lihat : Harga Minyak Mentah Sesi Asia Naik Terdukung Optimisme Venezuela dan Bentrokan Libya

Investor juga mencermati ke depan untuk pertemuan kebijakan Federal Reserve AS. Bank sentral memulai pertemuan dua hari pada Selasa, tapi kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan ini sangat tipis menyusul banjir data AS yang mengecewakan.

“Bank-bank sentral mendominasi berita minggu ini, di atas semuanya ada Fed dan Bank of Japan, meskipun ada juga terdapat keputusan di Mesir, Ghana, Indonesia, Kenya, Selandia Baru, Nigeria, Norwegia, Paraguay, Filipina, Afrika Selatan dan Turki,” Marc Ostwald, ahli strategi di ADM Investor Services, mengatakan dalam sebuah catatan Senin.

Di Jerman, partai CDU Kanselir Angela Merkel mengalami pukulan pada putaran kedua dalam dua minggu pada hari Minggu, merosot ke level terendah sejak 1990 di Berlin dengan penolakan kebijakan pembukaan pintu bagi pengungsi, Reuters melaporkan. Dalam berita lain, jajak pendapat awal menunjukkan berkuasa Partai Persatuan Rusia nyaman memenangkan pemilihan parlemen negara itu yang berlangsung pada hari Minggu.

Dalam berita saham individu, saham Weir Group naik 4,9 persen setelah upgrade dari analis JP Morgan.

Rolls Royce Minggu mengumumkan bahwa mereka akan memotong 200 pekerjaan manajemen sebagai bagian dari restrukturisasi; saham naik 1,9 persen.

Saham Deutsche Bank turun 2,2 persen, memperpanjang kerugian Jumat, setelah pemberi pinjaman Jerman diminta untuk membayar $ 14000000000 penyelesaian oleh Departemen Kehakiman AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan Wall Street, harga minyak mentah, serta perkembangan sekitar suku bunga AS.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here