Bursa Asia Dibuka Naik, Pasar Jepang Tutup Hari Ini

486

Saham dibuka Asia naik pagi ini setelah penguatan di bursa saham Amerika dini hari tadi, dan dolar Australia rebound menjelang pertemuan Federal Reserve dan Bank of Japan minggu ini.

Indeks MSCI diluar Jepang, yang libur hari Senin ini, naik mengakhiri penurunan mingguan terbesar dalam tiga bulan yang terakhir. Aussie dan Peso Meksiko memimpin kenaikan di antara mata uang negara-negara pengekspor minyak. Harga minyak dunia turun akibat naiknya pasokan dari Lybia yang menganggu usaha produsen utama untuk mencapai kesepakatan yang membantu menstabilkan harga. obligasi acuan di Australia dan Selandia Baru jatuh, mengangkat hasil ke tingkat tertinggi sejak Juni.

Volatilitas pasar keuangan selama dua minggu terakhir ini melonjak di tengah kekhawatiran bank sentral di Eropa dan Jepang menjadi enggan untuk melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut pada saat Federal Reserve memutuskan menunda waktu kenaikan suku bunga AS.

Pasar di Korea Selatan kembali setelah tiga hari istirahat, sementara bursa saham Tiongkok dan Taiwan ditutup pada hari Kamis dan Jumat. Hong Kong dan Malaysia ditutup pada hari Jumat.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here