Inflasi AS Agustus Naik Tertinggi 4 Bulan

695

Inflasi AS naik 0,2% untuk Agustus dibandingkan dengan kenaikan yang diperkirakan dari 0,1% dengan peningkatan tahunan sebesar 1,1% dari 0,8% sebelumnya. Ini adalah tingkat inflasi tertinggi dalam empat bulan, didorong oleh meningkatnya biaya perlindungan dan medis.

Meskipun kenaikan relatif sempit, namun akan memberikan dorongan tambahan untuk kenaikan suku bunga AS lebih tinggi dari anggota FOMC .

united-states-inflation-cpi (5)

Mendasari harga, termasuk makanan dan energi, naik 0,3% pada bulan, yang merupakan pembacaan terkuat sejak Februari. Peningkatan ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan 0,2% yang diperkirakan dengan peningkatan tahunan sebesar 2,3% dari 2,2% sebelumnya.

Harga pangan yang tidak berubah pada bulanan dan juga tidak berubah sepanjang tahun. Ini adalah pertama kalinya bahwa harga pangan tidak meningkat secara tahunan sejak Februari 2010.

Harga energi secara keseluruhan tidak berubah sebagai penurunan bulanan harga bensin dan bahan bakar minyak diimbangi oleh peningkatan tajam lebih lanjut harga utilitas gas alam. Harga gas alam naik 1,1% sepanjang tahun, sementara harga energi secara keseluruhan menurun 9,2%.

Terdapat penurunan bulanan lebih lanjut harga kendaraan yang digunakan untuk memberikan penurunan tahunan 4,0% dengan harga kendaraan baru tidak berubah sepanjang tahun.

Komoditas perawatan medis naik 1,1% pada bulan untuk memberikan keuntungan tahunan 4,5%.

Harga sektor jasa, termasuk energi, naik 0,3% pada bulanan untuk memberikan peningkatan tahunan 3,2%, sementara harga penampungan naik 3,1% dibandingkan tahunan dan peningkatan tahunan sebesar 5,1% untuk layanan perawatan medis.

Data inflasi yang lebih tinggi dari yang diharapkan akan memberikan beberapa amunisi lebih lanjut untuk hasil hawkish anggota Federal Reserve pada pertemuan FOMC pekan depan, terutama karena melihat ke depan dan sangat gelisah menunda suku bunga meningkat terlalu lama.

Kemungkinan kenaikan suku bunga pada akhir tahun yang kembali ke tepat di atas 50% menurut berjangka Data Dana Fed.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here