Meski Peringkat ANTM Dipotong, Sahamnya Tetap Kuat

358

Masuki  perdagangan bursa saham sesi terakhir hari Kamis (19/9), pergerakan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) bergerak rebound setelah perdagangan sebelumnya diakhir pekan lalu anjlok parah. Saham yang bergerak bearish sejak perdagangan pekan kedua bulan Agustus berusaha mendapatkan pijakan kuat untuk membalikkan trend.

Kekuatan saham ANTM awal perdagangan pekan ini berhasil menepis sentimen diturunkannya peringkat perseroan dan surat utangnya. Emiten yang memiliki kinerja keuangan yang lumayan sepanjang 6 bulan pertama tahun ini, dipangkas Pefindo surat utangnya dan juga peringkat kreditnya.

Pefindo memangkas  peringkat ANTM  dan  obligasi PUB I perusahaan tahun 2011 menjadi “idBBB+” dari “idA-”.Penurunan peringkat tersebut terutama karena rendahnya harga jual nikel di luar ekspektasi secara berkelanjutan, walaupun biaya tunai yang saat ini lebih rendah.

Untuk pergerakan harga sahamnya pada lantai bursa perdagangan saham Senin (19/9) saham ANTM dibuka kuat pada level 630 dan terus bergerak kuat. Untuk volume saham yang diperdagangkan   mencapai 144 ribu  lot saham.

Analyst Vibiz Research Center melihat sisi indikator teknikal, harga saham ANTM  perdagangan sebelumnya bergerak   dengan indikator MA  masih  bergerak turun, namun indikator Stochastic berusaha naik ke area tengahnya.

Sementara indikator Average Directional Index terpantau bergerak naik dengan posisi +DI bergerak naik yang menunjukan pergerakan ANTM dalam penguatan. Dengan kondisi teknikalnya dan didukung fundamentalnya, rekomendasi trading berikutnya pada target level support di level 610 dan level resistance di 635.

Lens Hu/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here