Rupiah Senin 19 September Berakhir Berbalik Menyerang Dollar AS

1409

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (19/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air pekan ini, rupiah bergerak positif terhadap dollar AS setelah siang hari tertekan. Tenaga kuat rupiah sore ini didapat dari posisi dollar AS yang masih retreat terhadap rival-rival utamanya.

Rupiah yang sempat bergerak negatif tengah sesi membuat aksi jual asing lebih banyak dari aksi belinya sehingga  tercetak net sell Rp97 miliar. Aksi jual asing  ini tidak berhasil  menghambat penutupan  IHSG  yang menguat signifikan hingga 1%.

Lihat: IHSG 19 September Berakhir Naik 1 Persen

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,02% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp131152/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13163/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperlemah.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperlemah   ke  13164  dari  posisi 13131 perdagangan hari Jumat (16/9),  demikian kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13230  setelah perdagangan sebelumnya 13197.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka positif  jika pelemahan dollar AS terus berlanjut hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here