Strategi Presiden Jokowi Menjaga APBN 2017 Mencapai Tujuannya

717

Presiden Joko Widodo terus fokus untuk menjaga pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) Tahun Anggaran 2016 sehingga mencapai tujuannya, yaitu menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, menciptakan kesempatan kerja, fokus pada pembangunan infrastruktur serta pengurangan kemiskinan dan ketimpangan.

Presiden Jokowi dalam pengantar Rapat Terbatas yang diselenggarakan di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/9) menyampaikan kepada para menteri dan pimpinan lembaga untuk fokus memperbaiki kondisi di dalam negeri dengan langkah-langkah konkret, langkah-langkah yang nyata untuk memperbaiki sumber pertumbuhan, yaitu : fokus belanja pada hal-hal yang produktif, memperbaiki iklim usaha, dan mengundang investasi sebanyak-banyaknya.

Sedangkan untuk menjaga pelaksanaan APBN tahun 2016 ini, harus terus dilakukan langkah-langkah :

  • memaksimalkan penerimaan pajak, baik dari sumber reguler maupun tambahan dari pengampunan pajak (tax amnesty).
  • memaksimalkan potensi PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak), termasuk tunggakan-tunggakan yang  belum dibayar, serta pengendalian cost recovery dari migas untuk mendukung optimalisasi penerimaan.
  • secara konsisten melakukan langkah-langkah penghematan belanja yang telah ditetapkan dalam Instruksi Presiden (Inpres).

Untuk juga menjembatani dan memperlancar hubungan dan komunikasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, maka Presiden meminta kepada Menteri Keuangan agar bekerjasama dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengintensifkan komunikasi dengan Gubernur, Bupati, Wali Kota terkait dengan pengendalian dan  penundaan dana bagi hasil dan dana alokasi umum, sehingga semuanya dapat memahami dan mengelola situasi perubahan ini dengan baik.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
Image : Setkab RI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here