Surplus Transaksi Berjalan Zona Eropa Juli Menurun

593

Surplus transaksi berjalan zona Eropa secara musiman yang disesuaikan turun EUR 21 miliar untuk Juli dari EUR 29.5 miliar revisi bulan sebelumnya, yang awalnya dilaporkan sebagai EUR 28.2 miliar. Ini adalah bulan keempat berturut-turut surplus yang telah berada di bawah ekspektasi konsensus.

Surplus 12 bulan masih meningkat menjadi EUR 343.2 miliar dan setara dengan 3,2% dari PDB dari EUR 309.7 miliar dan 3,0% dari PDB tahun sebelumnya, namun data akan mempertahankan harapan bahwa surplus telah mencapai puncaknya.

Ada penurunan bulanan surplus sektor jasa dan peningkatan neraca pendapatan sekunder, sedangkan neraca pendapatan utama diperkuat dari Juni.

Terdapat aliran kuat untuk investasi langsung dan portofolio untuk bulan dengan penguatan sebelumnya untuk EUR 52.8 miliar dari EUR 11.6 miliar pada bulan Juni.

Keseluruhan portofolio dan arus masuk langsung tetap kuat selama tujuh bulan pertama 2016 dengan surplus gabungan EUR 597.9 miliar dari EUR 368.5 miliar tahun sebelumnya. Pergeseran ini terutama mencerminkan penjualan aset di luar negeri oleh penduduk zona Eropa. Kekuatan bersih ini diimbangi dengan arus keluar bersih pada rekening keuangan, terutama dalam bentuk peningkatan tajam dalam arus keluar mata uang dan deposito.

Terdapat bukti bahwa surplus transaksi berjalan telah mencapai puncaknya dengan data ekspor yang buruk merupakan faktor dasar yang signifikan, namun masih akan ada tekanan ke atas yang mendasari pada mata uang dari rekening giro dengan depresiasi bersih Euro tergantung pada arus keluar lebih lanjut atas dasar hasil. Karena itu mata uang akan berpotensi menguat tajam jika ada petunjuk bahwa siklus suku bunga telah berubah, mempertahankan tekanan untuk proyeksi dovish ke depan dari ECB.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here