Harga Karet Tocom 20 September Berakhir Melonjak Hampir 5 Persen

573

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi siang Selasa (20/09) berakhir naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Februari 2017 menguat terpicu aksi bargain hunting menjelang pertemuan kebijakan BOJ.

BOJ bisa menggeser suku bunga negatif sebagai fokus utama dari kebijakan moneter pada akhir pertemuan dua hari pada Rabu, ketika melakukan apa yang digambarkan sebagai penilaian “komprehensif” dari kebijakan.

Sumber mengatakan pembuat kebijakan BOJ dapat mempertimbangkan memperdalam suku bunga negatif untuk menunjukkan tekadnya untuk mempertahankan bias kebijakan pelonggaran besar. BOJ meluncurkan kebijakan kontroversial pada akhir Januari.

Keputusan BOJ dikuatirkan akan semakin menguatkan Yen, sehingga dapat membuat harga karet Tocom menjadi sangat mahal.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2017 siang ini berakhir naik sebesar 7,4 yen atau 4,7 persen pada posisi 165,10 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 157,70 yen per kilogram.

Lihat : Harga Karet Tocom Harapkan Sentimen Positif

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya akan naik terbantu aksi bargain hunting. Namun perlu dicermati potensi penguatan Yen yang jika terus berlanjut dapat menekan harga.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Resistance di posisi 170,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 175,00 yen. Sementara itu jika harga turun akan menemui Support di posisi 160,00  yen dan 155,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here