Bursa Eropa 21 September Bergerak Naik Setelah Keputusan BOJ

390

Bursa Saham Eropa menguat di awal perdagangan Rabu (21/09) setelah Bank of Japan mengumumkan langkah-langkah kebijakan moneter baru dan investor menunggu hasil pertemuan Federal Reserve AS.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 1 persen

Indeks FTSE berada pada 6.867,28, naik 36,49 poin atau 0,53%

Indeks DAX berada pada 10.498,11, naik 104,25 poin atau 1,00%

Indeks CAC berada pada 4.439,53, naik 50,93 poin atau 1,16%

Indeks IBEX 35 berada pada 8.780,60, naik 94.50 poin atau 1,09%

Menjelang pembukaan pasar Eropa, Bank of Japan mengumumkan bahwa BOJ meninggalkan target untuk meningkatkan basis moneter, meluncurkan kontrol kurva imbal hasil dan menghentikan berbagai pembelian obligasi, namun mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Indeks Nikkei dan Topix menguat menyusul pengumuman, sedangkan hasil pada obligasi 10-tahun pemerintah Jepang naik ke wilayah positif untuk pertama kalinya sejak Maret.

Sebelumnya ada kekhawatiran bahwa bank sentral Jepang dapat menurunkan suku bunga lebih lanjut ke wilayah negatif, sementara mengurangi pembelian obligasi pemerintah jangka panjang dalam upaya untuk menekan kurva yield untuk mengurangi biaya tarif negatif.

Analis mengatakan langkah BOJ akan membantu bank-bank tetapi mungkin tidak memiliki dorongan yang diinginkan pada ekonomi Jepang.

Pada akhirnya sementara tindakan ini mungkin membantu bank, sangat diragukan mereka akan membantu perekonomian Jepang, dan dalam beberapa hal itu menunjukkan betapa sedikitnya fleksibilitas bank sentral.

Rally di bank-bank Jepang berpengaruh ke Eropa, dengan berita perusahaan individu dalam sektor ini juga membantu saham.

Saham Barclays berada di wilayah positif setelah HSBC menaikkan target harga untuk saham.

Saham Unicredit naik tajam setelah Reuters melaporkan bahwa tiga penawar telah muncul sebagai pesaing utama untuk membeli lengan pengelolaan dana pemberi pinjaman Italia itu.

Sektor asuransi juga mendapat dorongan dari tindakan BOJ.

Dalam berita saham individu, pemilik Zara Inditex melaporkan kenaikan laba bersih semester pertama, membantu mendorong saham lebih tinggi.

Pengiriman raksasa Moller-Maersk berada di wilayah negatif setelah Barclays menurunkan target harga untuk saham.

Selanjutnya pada hari Rabu malam nanti, Federal Reserve AS akan menjadi fokus perhatian pasar meskipun tidak ada perubahan yang diharapkan dari bank sentral bulan ini. Peluang pasar dari kenaikan suku bunga untuk pertemuan September yang hanya sekitar 20 persen pada Selasa, dan dekat dengan 60 persen untuk Desember.

Analis mengatakan langkah BOJ dapat menghambat kemampuan Fed untuk mengubah suku bunga, akhirnya membantu menjaga pelonggaran kebijakan moneter lebih lama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif merespon kebijakan BOJ dan perkiraan The Fed AS akan mempertahankan suku bunga tetap pada keputusan malam nanti..

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here