Bursa Saham Global Naik 0,4 Persen, Minyak Mentah Naik, Nikel Turun

518

MSCI All-Country World Index naik 0,4 persen pada 09:23 waktu London, dengan Indeks Stoxx 600 Eropa mendapatkan 0,8 persen dan indeks MSCI Asia Pacific naik 1,4 persen.
Indeks Topix Jepang naik 2,7 persen, dimana saham-saham perbankan dan asuransi melonjak lebih dari 5 persen dikarenakan optimisme imbal hasil obligasi jangka panjang yang lebih tinggi. Pasar Jepang akan ditutup hari Kamis besok untuk liburan.

Topix naik lebih tinggi dari Nikkei 225 Stock Average dikarenakan rencana bank sentral Jepang untuk melakukan pembelian ETF yang lebih banyak.

The Bloomberg Spot Indeks Dollar naik ke dekat level tertinggi sejak Juli. Yen tergelincir 0,1 persen menjadi 101,82 per dolar, mengupas penurunan sebanyak 1,1 persen.

Minyak mentah naik sebanyak 2,5 persen menjadi $ 45,14 per barel menjelang update pemerintah pada tingkat persediaan AS. Persediaan turun 7,5 juta barel pekan lalu, demikian data resmi yang dikeluarkan American Petroleum Institute pada hari Selasa lalu.

Nikel turun 0,4 persen di London, setelah melompat 6 persen dalam dua sesi terakhir, menjelang hasil audit pertambangan oleh Filipina. Harga nikel telah naik sekitar 16 persen pada tahun 2016 setelah pemerintah Filipina – pemasok terbesar logam ditambang – mengatakan bisa menghentikan operasi pertambangan bila tidak sesuai dengan syarat-syarat lingkungan yang ada, demikian pernyataan pejabat Lingkungan dan Sekretaris Sumber Daya Alam, Gina Lopez, hari Senin lalu.

Selasti Panjaitan/ VMN/VBN/ Senior Analyst Stocks-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here