Groundbreaking dan Izin Bangunan AS Bulan Agustus Merosot

552

Housing starts AS turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan Agustus kemungkinan karena cuaca buruk mengganggu aktifitas pembangunan di Selatan, tetapi peningkatan yang mantap untuk izin tempat tinggal keluarga tunggal menyarankan permintaan untuk perumahan tetap kuat.

Groundbreaking menurun 5,8 persen ke laju tahunan yang disesuaikan secara musiman 1,14 juta unit setelah dua bulan berturut-turut naik kuat, kata Departemen Perdagangan, Selasa (20/09).

united-states-housing-starts

Perumahan keluarga tunggal dimulai di Selatan, yang menyumbang sebagian besar bangunan rumah, anjlok 13,1 persen ke level terendah sejak Mei 2015. Para ekonom mengatakan banjir di Texas dan Louisiana mungkin di balik penurunan dimulai bulan lalu.

Izin untuk pembangunan masa depan tergelincir 0,4 persen ke tingkat 1,14 juta unit bulan lalu sebagai persetujuan untuk segmen rumah multi-keluarga anjlok 7,2 persen ke unit-tingkat 402.000. Izin untuk rumah keluarga tunggal, segmen terbesar dari pasar, naik 3,7 persen ke kecepatan 737.000 unit.

united-states-building-permits

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan jatuh ke kecepatan 1,19 juta unit bulan lalu dan izin bangunan naik ke tingkat 1,17 juta unit.

Permintaan perumahan sedang didorong oleh pengetatan pasar tenaga kerja, yang mengangkat upah. Sebuah survei dari homebuilders diterbitkan pada Senin menunjukkan kepercayaan naik mencapai 11-bulan tertinggi pada bulan September, dengan pembangun bullish tentang penjualan saat sekarang dan selama enam bulan ke depan, serta lalu lintas calon pembeli.

Kekuatan pasar perumahan didorong keuntungan Lennar Corp pada kuartal ketiga. Lennar, terbesar kedua AS homebuilder, mengatakan menjual 6.779 rumah di tiga bulan yang berakhir 31 Agustus, naik 7,3 persen dari tahun sebelumnya, sementara harga jual rata-rata naik lebih dari 3 persen.

Terobosan pada rumah keluarga tunggal turun 6,0 persen ke kecepatan 722.000 unit pada bulan Agustus, level terendah sejak Oktober lalu. Tapi dengan izin untuk pembangunan rumah keluarga tunggal naik bulan lalu, bangunan rumah keluarga tunggal bisa rebound di bulan depan.

Pasar perumahan keluarga tunggal sedang didukung oleh kelangkaan rumah yang sebelumnya dimiliki tersedia untuk dijual.

Perumahan mulai untuk segmen multi-keluarga volatil turun 5,4 persen ke kecepatan 420.000 unit. Segmen multi-keluarga dari pasar telah didukung oleh permintaan yang kuat untuk akomodasi karena beberapa orang Amerika menghindari kepemilikan rumah pasca runtuhnya pasar perumahan.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here