Kebijakan BOJ Buat Nikkei Untung dan Yen Terpukul

456

Bank sentral Jepang baru saja mengumumkan  kebijakannya untuk mempertahankan suku bunga utamanya tetap pada -0.1%. Namun BOJ juga mengeluarkan sejumlah besar perubahan pada kebijakan moneternya yang komprehensif demi mencapai target inflasi yang stabil diatas 2%.

Suku bunga deposito tidak berubah pada negatif 0,1 persen, namun BOJ  akan menargetkan suku bunga 10 tahun dan menjaganya dalam kisaran 0 persen. Selain itu juga bank sentral  mempertahankan  pembelian obligasi tahunan pemerintah sampai  80 triliun yen per tahun tanpa  jatuh tempo  sehingga yield akan berkisar sekitar nol persen.

Merespon kebijakan ini bursa saham Jepang dengan indeks Nikkeinya bergembira setelah diawal perdagangan dibuka negatif. Setelah kebijakan tersebut diumumkan indeks Nikkei langsung melonjak naik diatas 1 persen lebih demikian juga dengan indeks Topixnya yang naik 1 persen lebih juga.

Namun kebijakan ini sangat memukul nilai tukar yen jepang yang sejak perdagangan sebelumnya sudah menguat oleh ekspektasi tidak diubahnya suku bunga bank sentral tersebut. Namun dengan tambahan kebijakan BOJ selain tidak mengubah suku bunganya membuat nilai mata uang tersebut anjlok parah hingga 1 persen lebih juga.

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here