Kekuatan Dollar AS Sesi Eropa Dibayangi Keputusan Fed

492

Masuki perdagangan forex sesi Eropa kekuatan dollar AS yang bertambah setelah keputusan BOJ lemahkan yen, dipangkas perlahan-lahan oleh beberapa rival utamanya seperti kurs komoditas dan swissfranc. Penguatan rivalnya ini mendapat tenaga dari fundamental penggerak kuat mata uang tersebut yang memperkuat tekanan terhadap dollar jelang pengumuman kebijakan Fed beberapa jam lagi.

Kurs komoditas seperti aussie, kiwi dollar serta loonie (dollar Canada) mendapat tenaga tambahan untuk kuat dari pergerakan harga minyak mentah yang berhasil rally. Namun tekanan paling kuat terhadap dollar datang dari ekspektasi sikap Fed yang tidak akan mengubah kebijakan suku bunganya malam nanti. Dan jika itu benar terjadi dollar dipastikan akan anjlok parah.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan bergerak masih bergerak kuat  setelah awal perdagangan sesi Asia dibuka  lebih rendah pada posisi 95.97  dan  kini bergerak  pada posisi  96.00. Di sesi Asia dollar sempat menyentuh ke posisi 96.32 yang merupakan level tertinggi sejak tanggal 9 Agustus.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here