Komprehensifnya Kebijakan BOJ Anjlokkan Yen Sesi Asia 21 September

375

Nilai tukar yen Jepang anjlok parah terhadap semua rival-rival utamanya termasuk dengan dollar AS setelah Bank Sentral Jepang (BOJ) umumkan kebijakan moneter yang komprehensif meskipun suku bunganya tidak diubah sesuai dengan ekspektasi ekonom sebelumnya.

Beberapa kebijakan tersebut seperti  suku bunga deposito tidak berubah pada negatif 0,1 persen, namun BOJ  akan menargetkan suku bunga 10 tahun dan menjaganya dalam kisaran 0 persen. Selain itu juga bank sentral  mempertahankan  pembelian obligasi tahunan pemerintah sampai  80 triliun yen per tahun tanpa  jatuh tempo  sehingga yield akan berkisar sekitar nol persen.

Lihat : Kebijakan BOJ Buat Nikkei Untung dan Yen Terpukul

Pergerakan kurs yen   sesi Asia (05:10:35 GMT) melemah terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih rendah   pada 101.69  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) naik 86 pips  dan kini  pair bergulir  pada 102,55 setelah sempat tadi naik ke posisi 102.79 pada posisi terendah 12 hari.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam  bisa melemah kembali oleh kebijakan Fed, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun ke kisaran  100,95-100,79  jika penguatan pair tidak mencapai kisaran 102.85.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here