Lemahnya Rupiah Rabu Siang Tidak Batasi Aksi Beli Investor Asing

427

Pergerakan nilai tukar rupiah hingga akhir perdagangan pasar spot sesi Asia hari Selasa (20/9) semakin melemah terhadap dollar AS setelah diawal perdagangan dibuka kuat. Bertambahnya kekuatan dollar pasca pengumuman kebijakan BOJ membuat valas kawasan Asia termasuk rupiah melemah.

Namun pelemahan rupiah tidak  membuat aksi beli saham investor asing terbatasi, justru kini semakin besar  hingga mencetak net buy Rp1,08 triliun. Dan aksi beli asing ini akhirnya berhasil mengangkat  IHSG yang  tadinya turun menjadi flat.

Lihat: IHSG 21 September Sesi I Bergerak Datar, Dana Asing Masuk 1 Triliun Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,07% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13154/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13135/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  dilemahkan.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini dilemahkan   ke  13148  dari  posisi 13142 perdagangan hari Senin (19/9),  demikian kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13214  setelah perdagangan sebelumnya 13208.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi lemah pada akhir perdagangan  oleh momentum penguatan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13176 dan  resistance di 13131.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here