OECD Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Global 2016

484

Pertumbuhan ekonomi global, bersama dengan tingkat pertumbuhan produk domestik bruto (PDB), cenderung menurun tahun ini dan pada tahun 2017, Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), menyatakan Rabu (21/09).

Pertumbuhan PDB global diproyeksikan untuk melambat menjadi 2,9% pada tahun 2016, lebih rendah dari tahun 2015 yang tersisa sekitar 3% yang sama dari tahun-tahun terakhir.

Untuk 2017, pertumbuhan PDB global diperkirakan akan meningkat hanya sedikit menjadi 3,2%. Ekonomi dunia masih dalam perangkap pertumbuhan rendah dengan kekecewaan pertumbuhan terus-menerus membebani ekspektasi pertumbuhan dan kembali ke perdagangan, investasi, produktivitas dan upah lemah, “kata OECD dalam prospek ekonomi interim.

Organisasi menekankan bahwa pertumbuhan akan tetap tenang dalam ekonomi utama. Secara khusus, pertumbuhan PDB kawasan euro melambat pada kuartal kedua, didorong oleh permintaan domestik yang lemah dan dan perlambatan dalam investasi, kata OECD.

Kredit bermasalah yang tinggi juga merusak pertumbuhan ekonomi dalam sejumlah negara di wilayah euro, kata OECD.

Perkiraan dari PDB Jerman, ekonomi terbesar zona euro, naik 0,2 persen dan mencapai 1,8, dan tahun depan diproyeksikan untuk mengurangi dan mencapai 1,5 persen. Kebijakan moneter adalah terbebani dan menciptakan distorsi keuangan berisiko, organisasi mengatakan, menambahkan bahwa kebijakan moneter yang efektif membutuhkan kebijakan fiskal yang lebih kolektif, serta melaksanakan reformasi struktural untuk meningkatkan pertumbuhan dan inklusivitas.

Adapun pertumbuhan ekonomi pasar yang berkembang, menurun pada tahun 2016, tetapi akan naik perlahan tahun depan, khususnya, karena pelonggaran dari resesi.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here