Rupiah Rabu 21 September Berakhir Kuat Lawan Dollar

528

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (20/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air pekan ini, rupiah bergerak positif terhadap dollar AS setelah siang hari sempat tertekan. Tenaga kuat rupiah sore ini masih didapat dari posisi dollar AS yang  lemah terhadap rival-rival utamanya. Namun terpantau dollar berusaha rebound pada sesi malam dan dapat menekan rupiah.

Rupiah yang menguat terbatas   membuat aksi beli asing terhadap saham-saham lokal  berkurang sejak awal perdagangan, dimana penutupan bursa net buy hanya Rp551 miliar lebih. Dukungan investor asing  di bursa saham membuat  IHSG  ditutup menguat  0,8%.

Lihat: IHSG 21 September Berakhir Naik 0,76 Persen, Raih 500 Miliar Lebih Dana Asing

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,06% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13137/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13135/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  dilemahkan.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini dilemahkan   ke  13148  dari  posisi 13142 perdagangan hari Selasa (20/9),  demikian kurs transaksi antar bank melemah  ke posisi 13214  setelah perdagangan sebelumnya 13208.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka positif  jika pelemahan dollar AS terus berlanjut pasca pengumuman Fed hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here