Gubenur RBA Lowe : Inflasi Rendah dan Komoditas Lemah Menekan Ekonomi Australia

431

Suku bunga rendah diharapkan menjadi dasar bagi Australia di masa mendatang, dengan adanya inflasi upah rendah dan harga komoditas yang lemah membebani perekonomian, menurut Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe.

“Hasil inflasi yang rendah telah memberikan ruang untuk kebijakan moneter untuk memberikan dukungan tambahan untuk permintaan,” kata Lowe dalam sebuah pernyataan pembuka ke House of Representatives’ Standing Committee on Economics Kamis.

“Dewan sangat sadar bahwa menurunkan suku bunga berarti pendapatan bunga rendah untuk penabung. Meskipun secara keseluruhan, penilaian kita adalah bahwa pelonggaran ini dalam kebijakan moneter mendukung pekerjaan dan kegiatan ekonomi di Australia, dan dengan demikian meningkatkan prospek pertumbuhan yang berkelanjutan dan hasil inflasi yang konsisten dengan target jangka menengah. “

Gubernur RBA mengatakan bahwa inflasi yang lemah dan penurunan harga komoditas telah mengakibatkan pertumbuhan PDB nominal yang lebih kecil sejak Resesi Besar. Selama lima tahun terakhir, PDB nominal telah meningkat pada tingkat rata-rata sekitar 3% per tahun, kurang dari setengah dari rata-rata 7,5% dilihat antara tahun 2000 dan 2007.

Pada kuartal kedua perekonomian Australia tumbuh pada tingkat tahunan 3,3%, didorong oleh stimulus federal dan pengeluaran konsumen. Namun, analis memperingatkan bahwa pertumbuhan belanja rumah tangga pada dasarnya dibagi dua dari kuartal-ke-kuartal, tanda bahwa upah rendah mulai menimbang.

Lowe, seorang veteran dari Bank dalam berbagai kapasitas selama lebih dari tiga dekade, baru-baru ini mengganti mantan Gubernur Glenn Stevens yang pensiun. Bersama-sama, mereka membantu menavigasi Australia keluar dari krisis keuangan. Akibatnya, Australia tetap berdiri sebagai negara dengan ekonomi terpanjang yang tidak mengalami resesi.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here