Harga Karet Tocom Berpotensi Lemah Tertekan Penguatan Yen

404

Perdagangan bursa Jepang hari ini libur memperingati Equinox Day.

Harga karet Tocom pada perdagangan sesi Rabu sore (21/09) berakhir naik. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Februari 2017 naik terdukung pelemahan Yen.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Pelemahan Yen terjadi setelah BOJ mempertahankan suku bunga tetap dan menggeser fokus pada pengawasan target kurva imbal hasil.

Lihat : BOJ Pertahankan Suku Bunga, Fokuskan Target Kurva Imbal Hasil

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2017 sore kemarin berakhir naik sebesar 3,3 yen atau 2,0 persen pada posisi 168,40 yen per kilogram, naik dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 165,10 yen per kilogram.

Untuk perdagangan selanjutnya harga karet Tocom diperkirakan akan bergerak lemah setelah keputusan The Fed mempertahankan suku bunga AS.

Pada perdagangan mata uang semalam, Dolar AS memperpanjang kerugian terhadap sekeranjang mata uang utama pada hari Rabu setelah Federal Reserve AS mempertahankan suku bunga tidak berubah dan proyeksi kenaikan suku bunga yang kurang agresif di tahun-tahun mendatang. Pasangan USDJPY turun 1,39 persen pada 100.32.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan selanjutnya hari ini masih berpotensi lemah tertekan penguatan Yen.

Untuk sesi perdagangan selanjutnya harga diperkirakan akan menemui level Support di posisi 163,00 yen. Support selanjutnya ada di 158,00 yen. Sementara itu jika harga naik akan menemui Resistance di posisi 173,00  yen dan 178,00  yen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here