Indeks Shanghai 22 September Dibuka Positif Setelah Keputusan The Fed AS dan Stimulus PBOC

530

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (22/09), Indeks Shanghai dibuka naik, saat ini terpantau turun naik 17,58 poin atau 0,58 persen pada 3043.46. Penguatan indeks Shanghai setelah The Fed AS mempertahankan suku bunga tetap.

Lihat :  Bursa Shanghai 21 September Ditutup Naik Tipis Terbantu Kinerja Saham Keuangan dan Baja

Federal Reserve AS mempertahankan suku bunga tidak berubah pada pertemuan Kamis dinihari tadi (22/09) tetapi memberikan sinyal kuat untuk pengetatan kebijakan moneter pada akhir tahun ini karena pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut.

Ketua Fed Janet Yellen, berbicara setelah pernyataan kebijakan terbaru bank sentral, mengatakan pertumbuhan AS sedang terlihat kuat dan tingkat kenaikan akan diperlukan untuk menjaga perekonomian kuat dan memicu inflasi tinggi.

Yellen mengatakan ia berharap satu tingkat meningkat tahun ini jika pasar kerja terus meningkat dan risiko baru yang besar tidak timbul.

Lihat : The Fed Sinyalkan Kenaikan Suku Bunga AS di Desember

Kenaikan bursa juga didukung tindakan Bank Sentral Tiongkok memberikan stilmulus ke pasar keuangan.

Bank sentral Tiongkok akan menyuntikkan 120 miliar yuan ($ 17.990 miliar) ke pasar uang pada hari Kamis melalui perjanjian seven-day reverse bond repurchase, dan tambahan 60 miliar yuan sampai 28 hari reverse repos, kata para pedagang.

The People`s Bank of China (PBOC) pekan lalu memanfaatkan fasilitas 28-hari untuk menyuntikkan uang tunai untuk pertama kalinya sejak Februari. Bank sentral juga memotong tingkat bimbingan untuk tenor ini menjadi 2,55 persen dari 2,60 persen. Para pedagang mengatakan tenor jangka panjang digunakan untuk menghindari krisis uang tunai menjelang liburan Hari Nasional dari 1 Oktober.

Lihat : PBOC Suntikkan 120 Miliar Yuan ke Pasar Tiongkok

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif setelah The Fed AS mempertahankan suku bunga tetap. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2947-2856 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3147-3247.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here