Kurs Euro Ketiban Untung Karena Suramnya Kenaikan Fed Rate

544

Saat pasar forex sesi Eropa dibuka, mata uang kawasan Euro dan Inggris banyak diperdagangkan setelah para pelaku pasar melepas aset safe haven mereka merespon kondisi fundamental dollar AS yang mengecewakan. Harapan dollar AS untuk bergerak lebih tinggi berpijak pada kenaikan Fed rate pupus saat bank sentral Amerika dini hari tadi umumkan kebijakannya.

Suramnya harapan kenaikan Fed rate membuat bursa saham bergembira dan indeks-indeks bursa kawasan Asia dan Eropa mencetak penguatan yang signifikan. Setelah saham, aset berikutnya yang dipilih pasar setelah pengumuman Fed yaitu kurs kawasan Eropa.

Perdagangan hari ini pergerakan euro tidak mendapat dukungan kuat  dari rilis data ekonomi kawasan tersebut, dan banyak digerakkan oleh sentimen pelemahan dollar AS. Sepekan ini kurs euro alami perdagangan buruk sejak akhir pekan lalu saat data inflasi AS meningkat. Dan perdagangan sampai sore ini telah berhasil mendaki lagi ke posisi tertinggi dalam 5 hari perdagangan.

Pergerakan kurs euro  sesi Eropa  (09:30:35 GMT) sedang rally terhadap dollar AS,  setelah  dibuka lebih rendah   dari perdagangan sebelumnya pada   1.1186  di   awal   perdagangan sesi Asia  (00.00 GMT),  kurs  Euro alami  penguatan 60  pips   dan kini  bergulir   pada 1.1245.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika yang berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD berusaha naik  ke kisaran   1.1284 – 1.1215. Namun jika  tidak sampai kisaran tersebut, pair akan lanjut turun menuju bawah kisaran   1.1180.

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here