Rupiah Kamis Melaju Kencang Meski Ditekan Investor Asing

1185

Di tengah perdagangan pasar valas spot sesi Eropa (22/9) dan sekaligus mengakhiri perdagangan valas tanah air pekan ini, rupiah yang bergerak sangat kuat lawan dollar AS sejak sesi pagi semakin cemerlang. Rupiah mendapat tumpuan kuat dari terpukulnya dollar AS terhadap beberapa rival utamanya.

Namun penguatan rupiah hingga sore ini tidak  membuat aksi beli saham investor asing bertambah, justru aksi jual yang bertambah hingga mencetak net sell Rp202 miliar. Dan aksi jual  asing ini  tidak dapat menghalangi rally IHSG yang kuat hingga 0,7 %.

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot sore  ini bergerak postif dengan posisi penguatan 0,47% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13075/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13105/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke  13098  dari  posisi 13148 perdagangan hari Rabu (21/9),  demikian kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13163  setelah perdagangan sebelumnya 13214.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari diperkirakan  dibuka positif  jika pelemahan dollar AS terus berlanjut  hingga akhir perdagangan sesi Amerika malam ini.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here