Kepercayaan Konsumen Zona Eropa Naik Sedikit di Area Kontraksi

287

Pembacaan flash kepercayaan konsumen zona Eropa sedikit meningkat menjadi -8,2 untuk September dari -8,5 pada bulan Agustus, sementara ada pemulihan kuat untuk -6,4 dari -7,7 untuk Uni Eropa secara keseluruhan.

Kepercayaan konsumen tetap di atas rata-rata jangka panjang, meskipun hal ini terdistorsi oleh bacaan yang sangat lemah terlihat selama krisis keuangan 2008/09 ketika berada terendah dekat dengan -35.

euro-area-consumer-confidence

Keyakinan juga tetap di tingkat atas yang terlihat di akhir kuartal pertama 2016, tetapi di bawah puncak baru-baru ini di -4 terlihat pada kuartal kedua 2015. Indeks telah pernah di wilayah positif sejak awal tahun 2005.

Mengingat baru-baru ini tren pekerjaan dan kebijakan yang sangat akomodatif oleh ECB, akan ada kekhawatiran lebih lanjut bahwa sentimen harus pada tingkat yang lebih kuat.

Akan ada kekhawatiran lebih lanjut seputar pertumbuhan pendapatan yang lemah, terutama karena pertumbuhan upah melambat untuk kuartal kedua, dan kurangnya kepercayaan dalam prospek zona Eropa. Juga akan ada spekulasi bahwa kekhawatiran politik memiliki dampak negatif, meskipun dinyatakan referendum Inggris tidak memiliki efek negatif yang signifikan pada kepercayaan diri atau tingkat pengeluaran.

Secara keseluruhan, pembacaan lebih kuat dari -5 akan diperlukan untuk meningkatkan optimisme dalam lingkungan belanja keseluruhan lebih kuat dan pergeseran ke kondisi pertumbuhan yang lebih kuat.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here