Optimisme Bisnis September Tiongkok Naik Tertinggi 13 Bulan

400

Menurut data terbaru MNI China Business Sentimen Survey, sentimen terhadap lingkungan bisnis sedikit meningkat pada bulan September dengan meningkatnya pesanan baru membantu untuk mengimbangi sedikit penurunan dalam produksi.

The MNI China Business Sentiment Indicator, yang merupakan ukuran dari sentimen bisnis saat ini, naik 3,1% ke 55,8 pada September dari 54,1 direvisi pada bulan Agustus, membawa kepercayaan pada tingkat tertinggi sejak Agustus 2015.

china-mni-business-sentiment

Kenaikan terbaru didorong oleh penguatan lebih lanjut dalam kepercayaan antara perusahaan manufaktur, dan bisa dibaca sebagai tanda bahwa kondisi ekonomi domestik di Tiongkok tetap stabil. Perusahaan juga berubah lebih optimis tentang masa depan, dengan Indikator Harapan Masa Depan naik jauh di atas ukuran saat ini, memberikan beberapa harapan bahwa momentum pertumbuhan ekonomi yang lebih luas kemungkinan akan dipertahankan selama beberapa bulan mendatang.

Salah satu titik terang dalam survei itu adalah kenaikan pesanan baru, dengan perusahaan-perusahaan mensinyalkan beberapa kekuatan di keduanya pada permintaan saat ini dan yang diharapkan. Tenaga mesin terbaru menambahkan beberapa harapan bahwa data peningkatan perdagangan yang terlihat pada Agustus dapat terus berlanjut. Pesanan baru, sinyal kunci dari permintaan bisnis, naik menjadi 59,5 pada September dari 56,3 pada bulan Agustus, tertinggi sejak Juli. Perusahaan juga memperluas kepemilikan persediaan mereka di tengah ekspektasi permintaan yang lebih tinggi.

Sementara kondisi bisnis secara keseluruhan membaik, metrik kunci lainnya dalam laporan moderator pada bulan September. Secara khusus, ada sedikit penurunan produksi dan minat mempekerjakan, dengan Indikator Ketenagakerjaan jatuh ke ambang 50 pada September. Selain itu, kredit sedikit kurang berlimpah pada bulan September dengan indikator menurun sedikit menjadi 52,1 dari 52,6 pada bulan Agustus.

Sementara itu, biaya bahan baku mereda lagi pada bulan September. Indikator Harga Input jatuh ke level terendah sejak November 2015, membawa beberapa bantuan kepada perusahaan yang telah berjuang untuk menaikkan harga barang dan jasa karena mereka sendiri di bagian melemahnya permintaan dan kelebihan kapasitas.

“Survei MNI Bisnis terbaru Tiongkok melihat kenaikan sentimen utama ke tertinggi tiga belas bulan menunjukkan bahwa perekonomian Tiongkok Q3 kemungkinan akan berakhir pada catatan yang cukup kuat, dengan pertumbuhan naik di kedua manufaktur dan jasa. Sementara prospek tetap menantang, ke depan indikator aktivitas kami menunjukkan bahwa momentum pertumbuhan ini akan terus berlanjut ke kuartal terakhir tahun ini, didukung oleh kelanjutan pelonggaran kebijakan. “, Kata Andy Wu, Ekonom Senior MNI Indikator.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here